Mau Mudik Naik Motor? Simak Tips Ini (PENTING)

Mau mudik naik motor? Simak tips ini supaya aman sampai tujuan. Setahun sekali ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri, Perjalanan mudik sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia.  Dimana orang berbondong-bondong pulang kampung pada waktu yang bersamaan, Ini membuat kondisi lalulintas di jalur mudik macet total pada saat lebaran.

Agen perjalanan pun disibukkan dengan pesanan tiket, entah itu Kereta api, Bus, dan agen travel lainnya.

Namun ada kalanya kita tidak mendapatkan tiket karena saking banyaknya orang yang melakukan perjalanan mudik, sehingga mudik menggunakan sepeda motor masih banyak menjadi pilihan utama.

Oleh karena itu saya akan berbagi pengalaman dan tips perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Sebenarnya saya sudah berkali-kali melakukan perjalanan mudik dari Jakarta ke Cilacap menggunakan sepeda motor.

Mudik menggunakan sepeda motor memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kendaraan roda empat, diantaranya adalah;

1. Tidak terlalu macet.
Jika kita menggunakan sepeda motor, maka kita hanya sedikit menemui kemacetan. Karena selain bisa melewati celah-celah jalan, sepeda motor juga bisa melewati jalan kecil atau alternatif lain.

2. Bebas aturan penumpang.
Biasanya kita harus mematuhi peraturan penumpang jika kita naik kereta api atau bus.

Bagi yang tidak suka peraturan tersebut, atau jika kita hendak merokok atau membawa barang yang tidak diperbolehkan (misalnya durian, binatang, dll.) Maka dengan membawa kendaraan sendiri kita bebas aturan tersebut, namun kita harus patuh kepada peraturan lalulintas.

3. Lebih mudah berhenti dibandingkan dengan mobil, bus atau kereta api.
Tentu saja hal ini penting jika kita melihat momen menarik atau hendak berhenti untuk membeli sesuatu, karena kita tidak bisa bebas berhenti jika kita menggunakan Bus atau Kereta Api.

4. Biaya perjalanan lebih hemat.
Saya pikir ini hal yang penting jika kita pulang kampung dengan budget pas-pasan.
Seperti yang sudah saya perhitungkan, untuk perjalanan Jakarta - Cilacap menggunakan Kereta Api saya harus mengeluarkan ongkos sebesar Rp 280,000,- sampai dengan Rp 950,000,- itu pun kalau dapat tiket.

Jika saya menggunakan sepeda motor, biaya ongkos yang saya keluarkan untuk membeli bahan bakar adalah Rp 70,000,- untuk sekali perjalanan dari Jakarta - Cilacap.

Itu adalah kelebihannya, saya menemukan lebih banyak kekurangan dibandingkan kelebihannya. Saya akan membahas kekurangan mudik menggunakan sepeda motor pada bagian akhir paragraf.

Setelah kita tahu gambaran mengenai perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, sekarang saya akan membagikan tips aman mudik naik motor.

Tips Mudik Naik Motor Sendiri supaya aman.

Untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, jika dipikir-pikir ternyata repot juga, karena kita harus menyiapkan beberapa tips ini supaya aman dan selamat sampai tujuan.

1. Pastikan kondisi kendaraan siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Sebelum melakukan perjalanan pastikan servis dulu kendaraan yang akan kita bawa, berdasarkan pengalaman saya sering menjumpai beberapa pengendara yang motornya bermasalah. Perhatikan poin utama dibawah ini :
  • Kondisi Ban harus bagus.
Ban berperan sangat penting untuk perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu pastikan kita telah mengetahui kondisi ban.

Sewaktu-waktu ban bisa bocor atau terkena paku, kita akan sangat sulit menemukan tambal ban pada waktu mudik. Oleh karena itu sebaiknya siapkan ban cadangan dan pompa kecil, atau paling tidak kita harus hati-hati jangan sampai ban kita terkena paku.
  • Perhatikan kampas rem dan oli.
Saat saya melakukan perjalanan jauh pasti ada saja yang mesinnya bermasalah, entah karena mesin terlalu panas, mogok atau kampas rem terbakar. Ingat, kampas rem dan oli harus diutamakan pada saat servis agar tidak terlewat.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda minta rekomendasi pada montir yang menyervis kendaraan Anda.

2. Agar Daya Tahan tubuh kita kuat sewaktu diperjalanan

Saat hendak melakukan perjalanan jauh pastikan kondisi kesehatan kita baik. Jangan sampai kita masuk angin di perjalanan, berikut ini adalah saran supaya kita benar-benar vit :
  • Usahakan istirahat atau tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan.
  • Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan.
  • Gunakan jaket hangat dan sarung tangan saat berkendara di malam hari.
  • Jangan minum obat apapun sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, kecuali obat tersebut tidak menyebabkan ngantuk.

3. Memilih waktu yang tepat untuk perjalanan mudik (khusus pulau jawa).

Saran dari saya sebaiknya Anda memulai perjalanan pada jam 10 atau 11 malam. Mengapa demikian?

Tunggu dulu, ini merupakan poin penting sehingga teksnya saya tebalkan. Dan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi.

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, 'Istirahat dan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh'. Maksud saya disini adalah supaya kita tidur dulu sebelum berangkat, ini untuk menghindari rasa ngantuk saat diperjalanan.

Kita bisa istirahat atau tidur pada jam 7 atau 8, setelah bangun tidur entah itu jam 10 atau 12 malam, kita bisa langsung memulai perjalanan panjang.

Sebelumnya saya pernah melakukan perjalanan pada jam 8 malam dari Kebumen ke Jakarta tanpa tidur terlebih dahulu. Awalnya saya semangat dan saya pikir saya bisa, Namun yang terjadi adalah sebaliknya. Namun saya tidak akan menceritakannya disini karena terlalu panjang.

Dari pengalaman ini dapat saya sampaikan bahwa mudik menggunakan sepeda motor sangatlah beresiko, berikut ini penjelasannya sekaligus menutup ulasan ini.

Resiko Mudik Naik Motor

Diatas saya sudah menyampaikan kelebihan mudik menggunakan sepeda motor, kali ini adalah resikonya atau bisa disebut juga sebagai kekurangan.
  • Keamanan kurang, sewaktu kita melintas di daerah rawan bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Tidak bisa tidur didalam perjalanan, berbeda jika kita naik Bus atau Kereta Api.
  • Sangat tidak nyaman, terutama pada kaki, lengan, tubuh, karena bisa pegal-pegal dan kesemutan, apalagi kita melakukan perjalanan panjang.

Itu dia tips mudik lebaran menggunakan sepeda motor supaya aman dan selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat...