10 Tips Anti Ngantuk saat mengendarai Sepeda Motor

Ngantuk Saat Bawa Motor ?? Ikuti cara ini untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara terutama sepeda motor.

Pengendara sepeda motor - Oleh Merdeka.com

Ngantuk saat berkendara sudah jadi hal umum bagi orang yang bekerja di lapangan seperti kurir, ojek dan lainnya. Apalagi jika kita berkendara jarak jauh. Nah kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara supaya rasa ngantuk bisa dihilangkan pada saat mengendarai sepeda motor.

Pengalaman...
Seperti yang dulu pernah saya rasakan bahkan sangat sering, saya hampir kecelakaan akibat mengantuk saat berkendara, tetapi setelah saya mencoba tips ini Alhamdulilah sudah tidak suka ngantuk lagi.

Berikut ini adalah tips yang saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi mengenai cara menghilangkan rasa ngantuk pada saat mengendarai sepeda motor, harap perhatikan baik-baik.

Cara mengatasi ngantuk ketika berkendara

Kita akan mulai pada cara yang umum dulu, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk kita lakukan dibandingkan cara yang lebih efektif menurut saya.

Cara yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

1. Olahraga Kecil.
Untuk mengatasi ngantuk saat berkendara, biasanya kita menepi sebentar dan melakukan olahraga kecil seperti menggerakkan leher ke samping atau ke atas bawah.
Atau kita juga bisa menggerakkan kaki, lengan, atau jari-jari tangan kita.

2. Minum Kopi atau Permen.
Cara yang kedua ini, biasanya kita melakukannya setelah cara yang pertama. Kita bisa minum kopi kemasan siap minum, atau makan permen. Cara ini yang sering saya lakukan dan saya selalu membawa minuman kopi ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

3. Ajak ngobrol atau pura-pura tanya orang disekitar.
Untuk bertanya, kita pasti membutuhkan lawan bicara, jadi cara ini berlaku apabila kita naik motor berboncengan.
Namun jika kita naik motor sendiri, kita juga bisa pura-pura tanya alamat sama orang disekitar meskipun kita sudah tahu alamatnya. Cara ini lumayan efektif loh...

4. Mampir Warung Makan atau Kopi.
Cara ini sering saya lakukan apabila kita memiliki banyak waktu untuk istirahat. Dijamin ngantuknya hilang untuk sesaat namun setelah 20 menit atau lebih kita akan kembali merasa lebih ngantuk.

5. Berhenti sejenak untuk Cuci Muka.
Cara ini sudah banyak dilakukan pengendara, hal ini terbukti dapat mengurangi rasa ngantuk saat berkendara. Kita bisa berhenti di pom bensin terdekat untuk cuci muka. Atau mungkin kita juga bisa cuci muka menggunakan air mineral dalam botol yang biasa kita bawa untuk minun.

6. Jangan berfikiran mmacam-macam ketika mulai ngantuk.
Memikirkan sesuatu emang sulit dikendalikan, tapi ini adalah penyebab utama yang membuat ngantuk berat, bahkan kita bisa mimpi kecil pada saat mengendarai.
Istilah mimpi kecil disini adalah kita seperti melihat bayangan-bayangan pada fikiran kita, ini yang disebut memasuki fase tidur lelap. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan.

7. Self Challenge (Menantang Diri)
Nah, tau kan kira-kira apa yang harus kita lakukan? Kita akan menantang diri sendiri supaya kita fokus kepada tantangan tersebut, yang pada akhirnya kita kehilangan rasa ngantuk. Contoh tantangannya adalah, menahan nafas, ngomong sangat cepat tanpa salah, dll.

Nah, cara diatas adalah cara yang biasa dan dapat mengurangi rasa ngantuk ketika berkendara. Selanjutnya kita akan membahas cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk ketika berkendara. Boleh ditiru boleh juga tidak intinya saya hanya berbagi pengalaman yang biasa saya lakukan ketika ngantuk saat mengendarai motor. Kita mulai dari cara yang pertama dibawah ini;

1. Dengan sengaja menyasarkan diri ke gang.
Ini adalah cara yang paling efektif menurut saya dan sering saya lakukan ketika ngantuk berat. Dengan begitu kita akan kebingungan dan otak kita terbangun untuk mencari jalan keluar dari gang. Dijamin ngantuknya hilang, namun jangan sampai tersesat dan tidak bisa pulang.

2. Sengaja melanggar rambu lalu lintas.
Saya tidak menganjurkan cara ini karena membahayakan, namun saya pernah mencoba cara menghilangkan rasa ngantuk dengan melawan arah. Dengan cara ini rasa was-was mengalahkan rasa ngantuk alhasil rasa ngantuknya hilang.

Itulah 10 9 tips menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara yang bisa Anda lakukan.

Supaya tidak mengantuk saat berkendara, sebaiknya kita melakukan hal ini sebelum memulai perjalanan ;

  1. Tidur atau istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, apalagi jika perjalanannya cukup panjang.
  2. Jangan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan ngantuk. Misalnya obat masuk angin.
Untuk sementara, itu saja yang dapat saya sampaikan, cara tersebut adalah cara yang biasa saya lakukan. Berdasarkan pengalaman pribadi cara menghilangkan rasa ngantuk ini sangat efektif buat pengendara motor seperti saya.

1 komentar untuk "10 Tips Anti Ngantuk saat mengendarai Sepeda Motor"

Posting Komentar